Sunday 24 December 2017

PROSES PEMBAYARAN PENGHASILAN GOOGLE ADSENSE TERBARU 2017!!!

PROSES PEMBAYARAN PENGHASILAN 
GOOGLE ADSENSE TERBARU 2017!!!



Pencairan pendapatan sebagai publisher google adsense, adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh rekan-rekan publisher, termasuk saya. Baik yang mendapatkan earning dari Youtuber maupun blogger akan mendapatkan pembayaran penghasilan tersebut bila telah memenuhi syarat minimal saldo. Bagi publisher pemula seperti saya, cukup dag-dig-dug dan cemas menantinya, berharap segera mendapatkan upah jerih payah kita itu, maklum masih newbie. Apalagi kata google hanya sekitar 2 juta publisher yang memiliki akun resmi google adsense, dari milyaran pengguna internet diseluruh dunia ini. Cukup membanggakan bukan, karena jelas hanya orang-orang “pilihan” google dan youtube saja yang bisa mencicipi penghasilan dari google, setelah mematuhi berbagai syarat dan aturan yang diberlakukan.


Berikut dibawah ini kami kutip pernyataan resmi dari google tentang proses pembayaran:
Siklus pembayaran AdSense adalah bulanan. Estimasi penghasilan Anda akan dikumpulkan sepanjang satu bulan, lalu pada awal bulan berikutnya, penghasilan Anda akan diselesaikan dan diposting ke saldo Anda di halaman "Transaksi". Jika saldo Anda melebihi syarat minimum pembayaran dan Anda tidak memiliki penangguhan pembayaran, Anda akan menerima pembayaran pada atau sekitar tanggal 21 dalam bulan tersebut. Perlu diketahui bahwa kapan tepatnya Anda akan menerima pembayaran bergantung pada bentuk pembayaran yang Anda pilih.
Tanggal 3 setiap bulan: Estimasi penghasilan untuk bulan sebelumnya akan diselesaikan dan diposting ke halaman "Transaksi".
Tanggal 20 di setiap bulan: Perubahan pada informasi pembayaran (termasuk menghapus penangguhan pembayaran) harus diselesaikan pada atau sebelum tanggal 20. Perubahan yang dilakukan setelah tanggal 20 pada bulan apa pun tidak akan berlaku hingga siklus pembayaran bulan berikutnya. Selain itu, saldo total Anda pada tanggal 20 harus mencapai syarat minimum pembayaran. Jika saldo Anda tidak memenuhi syarat minimum pembayaran atau jika Anda memiliki penangguhan pembayaran, Anda tidak akan dibayar untuk bulan tersebut dan saldo Anda akan dialihkan ke bulan berikutnya.
Tanggal 21 (atau hari kerja pertama setelah tanggal 21): Transfer bank dimulai. Anda akan melihat item baris "Pembayaran sedang diproses" muncul di halaman "Transaksi".
Mohon tunggu hingga 15 hari untuk penyelesaian transfer. Durasi waktu yang diperlukan hingga transfer bank sampai ke rekening bank Anda dapat bervariasi bergantung pada lembaga perbankan Anda.


Akan tetapi pernyataan tersebut diatas, tidak mutlak seperti itu prosesnya, bahkan seperti yang saya alami untuk mendapatkan pembayaran pertama kali ini, saya anggap cukup cepat, lancar dan tepat waktu. Walaupun sebelumnya kita sudah harus melalui dua kali verifikasi, yaitu verifikasi alamat domisili kita sesuai dengan KTP atau tidak, jadi setelah balance mencapai $10 maka kita dikirimi Amplop Surat Resmi dari Google Adsense, yang berisi 6 digit PIN Verifikasi, dan yang sampai dirumah saya pengirimnya adalah Google Di Malaysia. Kemudian setelah itu juga verifikasi nomor rekening Bank yang kita pakai, (karena saya memilih pembayaran melalui Transfer Bank) supaya lebih cepat, aman dan praktis, verifikasinya berupa pengiriman sejumlah uang dibawah seribu rupiah, dan nominal unik tersebut untuk memverifikasi akun rekening bank kita.(saya memakai rekening Bank Mandiri). 




Saldo diakun google adsense saya telah mencapai batas minimum pembayaran yaitu $100 atau setara Rp.1.300.000,- , bahkan akhirnya bisa lebih, itupun perlu waktu 5 bulan untuk mencapainya, yang saya mulai pasang kode iklan adsense di blog sekitar pertengahan bulan Juli 2017. Sehingga benar saja, sekitar tanggal 21 Desember 2017, saya membuka e-mail, ternyata sudah datang “Surat Cinta” dari google, pemberitahuan proses pembayaran kepada saya, dan kita diharapkan memantaunya juga dalam lima hari kedepan. Screen shootnya seperti dibawah ini:





Seiring dengan hal tersebut, di dashboard akun Google Adsense, juga sudah ada perubahan, ditandai dengan berubahnya saldo menjadi nol, tetapi saldo bergeser kebawah pada Last Payment, seperti pada screen shoot dibawah ini.




Sambil mengecek secara manual lewat ATM,(maaf internet banking belum saya aktifkan), saya cek saldo rekening bank, ternyata pada tanggal 22 Desember 2017 masih tetap saldonya, yaitu seperti di screen shoot dibawah ini:




Nah, akhirnya pada tanggal 23 Desember 2017, sepulang dari kerja, saya iseng melakukan Cek rekening bank melalui ATM, dan....alhamdulilah ternyata transferan dari google sudah masuk ke rekening bank saya, seperti pada screen shoot dibawah ini.



Secara perhitungan, maka (Saldo Setelah Ditransfer - Saldo awal) yaitu Rp. 2.706.716,72  -  Rp. 148.652,72 = Rp. 2.558.064,- artinya ini adalah BERSIH tidak ada dikenai biaya/ pemotongan dari pihak Bank.


Kaget bercampur gembira dan bangga saya rasakan, untuk pertamakali berhasil mendapatkan honor pembayaran dari google, setelah bertahun-tahun saya merintisnya sebagai publisher google adsense, melalui blogger dan youtube. Ternyata tidak sia-sia selama ini berkutat dengan dunia internet, meluangkan waktu, pemikiran dan biaya untuk berusaha mendapatkannya. Sebab saya dengar banyak keluhan dari rekan-rekan blogger dan youtuber yang belum bisa mendapatkan akun full approved google adsense non hosted dan pencairan penghasilan dikarenakan berbagai hal dan kendala. Share pengalaman saya diatas bukan untuk sombong, sebab masih sedikit saja jumlahnya, jauh masih banyak master-master publisher yang penghasilan perhari sebesar penghasilan saya yang sudah dibayar oleh google tersebut, tetapi paling tidak ini bisa untuk memotivasi rekan-rekan newbie publisher yang belum beruntung mendapatkannya. Ayoo.....tetap semangat kawan untuk berusaha, insya Allah berhasil. Wassalam.


BACA JUGA:


Share: