Thursday 17 December 2015

KEMUDAHAN DARI GOOGLE MEMBUAT AKUN GMAIL DAN YOUTUBE SECARA BERURUTAN UNTUK MENDAFTAR GOOGLE ADSENSE

KEMUDAHAN DARI GOOGLE
MEMBUAT AKUN GMAIL DAN YOUTUBE 
SECARA BERURUTAN
UNTUK MENDAFTAR GOOGLE ADSENSE




Teman blogger semua, kami juga masih pemula, ada sedikit pengalaman pribadi yang saya alami, mungkin teman-teman juga banyak yang mengalami selama ini, yaitu tentang mendaftar google adsense. Banyak sekali blogger yang mendambakan webnya bisa di approved oleh google adsense, dan berangan-angan bisa ikut sedikit mencicipi dollar dari google sebagai penghasilan tambahan, ataupun bahkan sebagai penghasilan utama. Akan tetapi tidak semudah yang dibayangkan, banyak blogger yang mengalami dari awal mendaftar saja sudah mengalami, ditolak pengajuan blognya oleh google adsense, sehingga tidak di approved, dan tidak bisa ikut affiliasi google adsense.
Dari pengalaman pribadi saya, yang mungkin waktu itu paradigmanya sama dengan blogger-blogger lain yang gagal, yaitu kebanyakan membuat blog dahulu, kemudian mendaftarkan blognya tersebut ke google adsense, dan mengalami kegagalan. Akan tetapi seiring perubahan dan kemudahan yang diberikan oleh google, paradigma untuk mendaftar google adsense mulai berubah, yaitu mendaftar dulu melalui youtube, baru kemudian daftar google adsense, serta selanjutnya mensetting blognya supaya terpasang iklan dari google adsense. Untuk itu, sedikit pengalaman ini akan saya jelaskan, supaya bisa lebih jelas dan bisa membantu blogger-blogger pemula untuk mendaftar google adsense, dan bisa dijadikan panduan praktis, bagi netter semuanya.


Langkah yang pertama adalah mendaftar akun Gmail, saya asumsikan anda sudah bisa mendaftar akun Gmail, seperti screen shoot dibawah ini:





Setelah anda isi semua dengan benar,maka klik langkah selanjutnya untuk membuat akun Gmail, maka selanjutnya muncul tampilan seperti dibawah ini:





Setelah muncul tampilan seperti diatas, segera klik Lanjutkan ke Gmail, maka anda akan dibawa ke tampilan inbox email seperti dibawah ini, yang berarti anda sudah memiliki Akun Gmail aktif.







Langkah selanjutnya adalah membuat akun Youtube, jendela pada windows pertama, Gmail biarkan masih dalam keadaan terbuka, anda membuka website Youtube dijendela kedua pada browser yang sama (dari pengalaman saya, saya anjurkan pakai google chrome saja), seperti ditunjukkan di screen shoot dibawah ini.







Setelah anda klik Sign In, maka secara otomatis anda akan didaftarkan masuk ke Akun Youtube anda yang aktif, yang ditandai dengan berubahnya profil di sudut kanan atas dan ada tulisan pemberitahuan bahwa anda sudah terdaftar di Youtube. 







Langkah selanjutnya adalah klik saja tab My Channel disebelah kiri untuk menuju proses selanjutnya, maka akan mucul tampilan seperti screen shoot dibawah ini.







Tampilan diatas adalah, anda diajak untuk men set up channel anda di Youtube, mulai dari nama channel, ubah foto profil dan jangan lupa diisi jenis kelamin (gender) dan tanggal lahir dengan benar, setelah itu dilanjutkan klik continue untuk menuju tahap selanjutnya, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.







Setelah channel anda tertampilkan, selanjutnya adalah klik pada Video Manager, sehingga anda akan dibawa menuju proses selanjutnya, seperti pada tampilan yang ditunjukkan oleh screen shoot dibawah ini.









Setelah muncul tampilan seperti diatas, tolong anda perhatikan di tab sebelah kiri agak ditengah, carilah tombol CHANNEL, klik saja untuk menuju langkah selanjutnya, seperti ditunjukkan oleh gambar screen shoot berikut ini.









Kemudian anda perhatikan pada bagian Monetization, klik saja Enable untuk melangkah pada proses selanjutnya, maka akan muncul perubahan, tampilan seperti dibawah ini.







Apabila sudah muncul tampilan seperti diatas, ada tulisan putih Enable My Account dengan background kotak biru, maka klik saja untuk melanjutkan pada proses selanjutnya, seperti terlihat pada tampilan dibawah ini.







Anda di ajak menuju tampilan Youtube Partner Program Terms, kalau anda sempat silahkan dibaca, kemudian perhatikan disebelah kiri bagian bawah, ada tiga kotak kosong, maka klik saja di checklist semua, kemudian dilanjutkan Klik I Accept dipojok kanan bawah, untuk menuju tahap selanjutnya.








Setelah muncul tampilan diatas, yang ada bertuliaskan Monetize terlingkari warna merah, maka segera lanjutkan dengan klik Got It di sebelah kanan bawah, untuk menuju proses selanjutnya, sehingga kembali muncul tampilan seperti dibawah ini.









Setelah muncul tampilan diatas, kemudian silahkan anda kembali klik tab CHANNEL di sebelah kiri, untuk melanjutkan proses, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.






Selanjutnya setelah muncul tampilan diatas, di bagian Monetization, disebelah kana nada tulisan berwarna biru View Monetization setting, silahkan anda klik, untuk menuju tahap selanjutnya. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.






Anda perhatikan disebelah tengah bawah, tulisan How will I be paid? Kemudian anda Klik untuk menuju langkah selanjutnya, sehingga muncul tampilan seperti dibawah ini.







Setelah itu anda perhatikan tulisan berwarna biru associate an Adsense account, klik saja untuk menuju langkah selanjutnya…dan akan muncul tampilan sebagai berikut ini.








Perhatikan Tab Next disebelah bawah, silahkan anda Klik, untuk melangkah pada tahapan selanjutnya…sehingga akan muncul tampilan seperti dibawah ini, yang menghubungkan Account Youtube anda dengan google adsense.





Apabila sudah muncul tampilan diatas, perhatikan tulisan Sign In di sebelah kiri bawah untuk menuju tahap selanjutnya, sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini…








Kemudian langsung klik saja Continue untuk melangkah pada proses selanjutnya, dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini, yang harus anda isi dengan lengkap dan benar.








Anda harus mengisi dengan benar, Negara, Zona waktu, Type Akun. Pada Payee name, nama harus benar dan alamat yang lengkap dan jelas sesuai Kartu Tanda Penduduk, karena berhubungan dengan pengecekan ketika nanti anda dikirimi Kode Verifikasi Account Google Adsense dari Google, jangan lupa isi no HP anda, kemudian klik di lima pilihan Yes/ No yang berhubungn dengan email, setelah itu anda lanjutkan dengan Klik Submit my application, sehingga akan muncul tampilan seperti dibawah ini…








Tampilan diatas adalah tahap memverifikasi nomor handphone anda, maka anda disuruh memilih pengiriman kode verifikasi melalui text sms atau voice call, misal anda pilih teks sms, kemudian anda Klik Send verification code, maka google akan mengirim sms kode verifikasi ke nomor handphone anda….







Setelah anda mendapat sms kode verifikasi dari google, yang biasanya angka enam digit, maka segera anda ketikkan dikotak kosong Verification code, kemudian dilanjutkan anda Klik tombol Verify dibawahnya….maka setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini…






Apabila sudah muncul tulisan putih pada background biru seperti diatas, itu artinya anda tinggal menunggu persetujuan dari Google, yang akan dikirim melalui email, dan dikatakan bisa menunggu sampai satu minggu…..waah cukup lama ya….tapi jangan khawatir teman…itu relatif kok, nggak usah khawatir harus menunggu selama itu, banyak berdoa saja semoga segera di approved oleh google. Biasanya ada masuk duluan ke inbox email, pemberitahuan dari youtube, bahwa akun youtube anda sudah bisa dimonetisasi, seperti terlihat ditampilan dibawah ini.






 Naah...teman blogger.....sehingga sambil menunggu balasan di approved dari Google adsense, tidak ada salahnya anda bisa mengupload sebuah video ke akun Youtube untuk di monetisasi….seperti terlihat di screen shoot dibawah ini..








Sebelum anda Publish, jangan lupa pada Basic Info diberi Judul, tag dan checklist pilihan share, kemudian pada Monetization anda checklist kotak kosong, dan pada Advanced settings anda klik pilihan kategori yang sesui dengan video yang anda upload, missal kategori entertainment, education, how to and style dan sebagainya, baru kemudian Klik Publish…maka contoh hasilnya seperti pada screen shoot dibawah ini….






Ketika video yang sudah diupload di Publish, dan anda Klik Video Manager, maka pada sebelah kanan ada ada tiga icon, yang paling pinggir Kanan berlambang $ (dollar) warna putih dengan background warna hijau, yang berarti video yang diupload sudah berhasil di Monetization (diuangkan), Jadi ketika ada netter yang memutar video anda di channel Youtube akun anda, dan muncul iklan oleh google adsense yang diklik, maka anda akan mendapatkan pembayaran dari google….

Nah….teman blogger…..akhirnya setelah menunggu kurang lebih 3 – 4 jam saja (tidak 1 minggu), balasan dari Google adsense masuk ke inbox email, dan akun Google adsense diapproved, berarti akun Google adsense sudah diaktifkan sepenuhnya…..hasil screen shootnya bisa dilihat dibawah ini…







Pada bagian tengah surat pemberitahuan dari Google AdSense, ada link tautan berwarna biru, masuk ke Akun AdSense anda, maka bila anda Klik, akan diarahkan untuk Sign In ke Akun Google AdSense anda…….







Setelah anda click, pilih Yes, I have read and accept the Agrrement, dan kemudian anda Klik Continue to my AdSense Account….maka anda akan masuk ke Dashboard Akun Google AdSense anda yang aktif…







Berarti pembuatan akun Google AdSense sudah berhasil, sementara earning baru bisa didapat dari iklan yang ditayang di video pada akun youtube yang sudah di Monetization, semakin banyak video yang anda upload, kemungkinan semakin banyak earning yang bisa didapat apabila banyak yang menayangkan dan klik iklannya, beberapa orang yang sudah berhasil bahkan mengisi akun Youtube dengan mengupload ratusan video.  Wah, berarti kita harus bikin banyak video…ya idealnya memang begitu original shootingan buatan sendiri, tapi jangan khawatir ada trik tersendiri yaitu Memaksimalkan penggunaan fasilitas video editor Youtube untuk memperbanyak koleksi video yang di monetization di channel akun Youtube, sehingga kita bisa mengedit video common creative, tidak perlu membuat video sendiri….

Tinggal nanti tahap selanjutnya adalah membuat blog, yang diisi artikel-artikel, dan konten yang bermutu dan bermanfaat, kemudian nanti baru diaktifkan adsense di blog, walaupun untuk mengaktifasinya harus mentaati aturan-aturan dari Google adsense, salah satunya adalah blog minimal sudah berumur 6 bulan, itupun relative, bisa lebih cepat kalau kontennya sudah banyak, bermutu dan bagus….maka seringlah dilihat di dashboard blogger, klik pada ikon earning….apabila tulisan berwarna orange yang menghubungkan blog dengan Adsense sudah berwarna orange terang dan jelas (tidak kabur) maka artinya blog sudah bisa didaftarkan untuk disetujui dimunculkan iklan oleh Google Adsense….selain itu untuk mensetting apabila kode iklan Google Adsense akan dipasangkan pada blog lain, atau web yang sudah menggunakan domain hosting….hal itu nanti juga akan kita bahas lain waktu…..mohon maaf kurang lebihnya teman-teman blogger…..selamat berkarya….wassalam…
Share: